Pengen Dapet Ilmu Baru? Ini 7 Cara Unik Belajar Tanpa Harus Kuliah Lagi




Masa-masa sekolah dan kuliah memang bikin kangen. Enggak hanya kangen dengan sahabat-teman atau momen asyik lainnya, tapi kau juga pasti rindu belajar dan menerima ilmu baru. Bisa kembali duduk di kelas mungkin menyenangkan, tapi enggak segala dari kita dapat kembali ke kursi kuliah sebab alasan tertentu. Namun enggak melanjutkan kuliah ke tahapan selanjutnya bukan berarti kamu enggak bisa terus menimba ilmu, loh. Ilmu ada di mana-mana dan kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di era komputerisasi ini. Berikut cara-sistem unik untuk belajar tanpa sepatutnya kuliah lagi yang dapat kau terapkan!

7 Metode Unik Untuk Belajar Tanpa Patut Kuliah

#1. Mendengarkan podcast
Untuk kamu cewek yang sibuk bekerja, mungkin enggak ada waktu untuk membaca atau menonton di sela-jeda kesibukanmu. Kamu bisa mengatasi permasalahan itu dengan mendengarkan podcast. Simpan episode podcast yang menurutmu asyik, bermanfaat, dan dapat menambah ilmumu, lalu kau dapat mendengarkannya dikala berada di kendaraan umum menuju kantor atau di ketika jam makan siang.

#2. Update info dan popularitas terkini
Ini mungkin terdengar remeh, namun enggak ada yang lebih bikin kamu menonjol jago dan knowledgeable selain up-to-date dengan informasi dan popularitas terkini yang terjadi di negaramu atau secara global. Luangkan waktumu ketika bermain smartphone untuk membuka portal kabar dan baca info tiap pagi untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di sekitarmu.

#3. Turut seminar atau pelatihan
Kau berharap menambah skill sampingan? Boleh banget! Atau kau berharap mengasah passion kau di luar profesi kantoranmu? Dapat! Sekarang sudah banyak sekali pelatihan atau seminar yang bisa kamu ikuti pantas dengan minatmu. Dijamin kamu akan membawa pulang segudang ilmu dari ahlinya!

#4. Menonton Ted Talk di Youtube
Youtube mempunyai banyak konten menarik yang dapat bikin kamu nyaman duduk di sofa seharian sambil memandang ke layar ponselmu. Sebaiknya pakai waktumu ketika membuka Youtube untuk menonton video Ted Talk yang sarat akan ilmu pengetahuan. Kamu akan dapat banyak pembelajaran langsung dari ponselmu, tanpa sepatutnya beranjak dari sofamu yang nyaman.

#5. Membaca buku
Enggak ada salahnya menyisihkan sedikit dari gajimu untuk membeli buku. Setidaknya satu buku dalam sebulan, cobalah membaca buku “serius”, seperti biografi, sejarah, ensiklopedia, dan buku lainnya yang dapat menambah ilmumu.

#6. Turut kelompok sosial
Ilmu yang paling fresh ialah ilmu yang kita bisa secara langsung dari sumbernya. Coba deh, ikutan dengan komunitas lokal. Enggak hanya kamu dapat memperluas pergaulanmu dengan bersua orang baru, tapi kau juga bisa belajar atau mendengar lantas dari orang-orang kelompok sosial tersebut.

#7. Kursus online
Bila kau yakin punya banyak waktu untuk kembali belajar tanpa seharusnya kuliah, membikin ikhtisar, atau melaksanakan tugas lagi seperti masa kuliah, namun enggak berharap duduk di kelas, kau bisa mengambil kursus online. Sudah tersedia banyak banget loh, kursus online yang tidak dipungut bayaran atau berbayar. Pastinya mempermudah kamu yang mau memperoleh akta akademis sah tanpa harus kembali kuliah.

Baca Artikel Terkait di www.lovemombook.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *